Introspeksi…..

Ternyata sudah 4 bulan saya tidak membagi tulisan apapun di blog ini. Untung masih ingat password akunnya :p. Dan kali ini hati saya tergerak untuk menulis tentang…..hmmm apa ya? saya juga bingung mau bikin judul apa untuk tulisan saya kali ini. Kita lihat nanti saja ya, saya sebenarnya juga masih bingung mau membagi tulisan tentang yang mana terlebih dahulu hehehe…

Oke. Malam ini saya memutuskan untuk tidak tidur hingga waktu sahur tiba (bulan ramadhan), karena saya keasyikan browsing internet. Sekedar informasi, saya adalah seorang pembaca yang lumayan mengikuti perkembangan k-pop, yang sudah bisa dipastikan setiap terkoneksi ke internet selalu mencari berita yang berhubungan dengan dunia hiburan Korea. Malam ini pun begitu. Tapi ada yang sedikit berbeda. Malam ini saya juga membuka beberapa situs yang bertema selain berita K-pop, salah satunya situs religi yang sebenarnya cukup sering saya kunjungi juga (tapi tidak selalu *memalukan) muslim.or.id. Saya sedang penasaran tentang hukum imsakiyah. Seorang teman mengatakan bahwa  waktu imsak yang selama ini kita ketahui 10 menit sebelum azan sholat shubuh sebenarnya tidak diterapkan oleh Rasulullah SAW dahulu. Setelah saya baca, ternyata memang benar. Waktu imsak yang selama ini kita jalankan sebagai saat untuk mulai berpuasa sama sekali tidak berdasar. Silakan buka link ini untuk penjelasan lengkapnya.

Nah, setelah membaca artikel tersebut, saya lalu melanjutkan membaca artikel-artikel lain di situs yang sama. Semakin banyak saya membaca, semakin sadar saya bahwa selama ini saya sudah (sangat) menyia-nyiakan waktu yang berharga untuk melakukan hal-hal yang terkadang saya sendiri tidak tahu manfaatnya. Begitu dangkal pengetahuan saya tentang agama yang saya anut selama ini. bahkan untuk masalah yang selama ini saya anggap saya sudah cukup tahu, ternyata saya masih menemukan banyak hal yang mengejutkan  karena ketidaktahuan saya. Ini benar-benar memalukan. Selama ini saya sangat bangga dengan identitas saya sebagai seorang muslimah, tapi untuk pengetahuan tentang agama, ilmu saya sungguh jauh dari harapan. Malah saya lebih sering memenuhi rasa penasaran terhadap hiburan yang semata-mata bukan hal wajib yang harus dilakukan.

Malam ini saya sadar atas kesalahan saya dalam mengatur waktu selama ini. Saya tidak berani berjanji (walaupun hanya pada diri sendiri) bahwa saya akan berubah drastis, karena itu tidak semudah mengucapkan atau sekedar memikirkannya. Butuh tekad yang sangat kuat untuk melakukan perubahan. Bagi saya, lebih baik mengurangi intensitas secara perlahan-lahan daripada berubah drastis tapi hanya bertahan beberapa waktu lalu kemudian kembali pada kebiasaaan semula. Saya benar-benar ingin berubah. Setidaknya (untuk saat ini) target saya: presentasi belajar  = presentasi ‘main’. Semoga seiring berjalannya waktu bisa menjadi lebih baik dan punya kemauan lebih untuk belajar tentang Islam, agama saya. Sehingga di masa depan saya bisa membuktikan bahwa saya (memang)  bangga menjadi seorang muslimah 🙂

Leave a Reply

